Kepercayaan Menggerakkan Keterlibatan: Penghargaan Indonesia Best Workplaces™️ 2022

OLEH EVELYN KWEK, PAMELA SNG & RAYMOND TEO

Author

CATEGORIES

Categories

This article is also available in English – Read More

 

Pada tanggal 29 Juni 2022, Great Place To Work™ mengumumkan kelompok pertama perusahaan Great Place To Work-Certified™ dan yang menduduki peringkat dalam daftar Indonesia Best Workplaces™ kami melalui virtual reveal. Evaluasi ini didasarkan pada survey karyawan untuk Great Place To Work yang diselenggarakan pada tahun 2021 hingga Q1/2022.

Apa itu “tempat kerja yang baik” dan bagaimana cara mengukurnya?

Di Great Place To Work, kami mengartikan “tempat kerja yang baik” sebagai sesuatu di mana orang-orang memercayai pemimpin mereka, bangga dengan pekerjaan mereka, dan bersahabat dengan kolega mereka. HalS ini dievaluasi melalui survei Trust Index™ kami, yang mengukur tiga hubungan utama yang menggerakkan pengalaman karyawan di tempat kerja mereka – hubungan dengan manajemen, kolega dan pekerjaan mereka:

3 kunci Hubungan

  • Manajemen
  • Karyawan
  • Pekerjaan

5 Dimensi

  • Kredibilitas
  • Kehormatan
  • Keadilan
  • Kebanggaan
  • Persahabata

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepercayaan dibangun – dan diperkuat – ketika karyawan memiliki pengalaman yang positif secara konsisten dalam hubungan-hubungan ini. Best Workplaces secara konsisten membangun budaya kepercayaan yang tinggi di tempat kerja terlepas dari jumlah karyawan, demografi dan industri. Dan mereka menyadari manfaat dari efek pengganda sebagaimana mereka memaksimalkan potensi mereka melalui pemimpin yang efektif, nilai yang penuh arti, dan fondasi kepercayaan yang mendalam dengan semua karyawan. Saat semua hal tersebut berada di tempatnya masing-masing, tempat kerja memperoleh manfaat dari peningkatan inovasi dan pertumbuhan finansial yang digerakkan oleh tim yang terlibat dan produktif bekerja, untuk mencapai tujuan bersama.

Seperti apa Indonesia Best Workplace 2022?

Sepuluh perusahaan yang berhasil masuk ke dalam daftar kami menunjukkan bahwa terlepas dari perubahan dan tantangan yang terjadi secara konstan selama setahun terakhir, Best Workplaces mampu untuk membangun budaya kepercayaan, melibatkan orang-orang mereka, dan memimpin organisasi mereka melalui pergolakan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Jadi, apa yang membedakan Indonesia Best Workplace 2022 (“IDN Best”)1 dengan yang lainnya? Berdasarkan insight yang dikumpulkan dari data survei Trust Index™ Great Place To Work® dan pengajuan Culture Audit™, kami menemukan bahwa dibandingkan dengan perusahaan lain (“IDN Rest”)2, terdapat tiga penggerak utama pengalaman karyawan yang positif di Indonesia Best Workplaces.

3 Penggerak Utama Pengalaman Baik Karyawan di Best Workplaces

1. Karyawan menerima sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk tumbuh secara profesional dan berkembang pesat di tempat kerja

Perusahaan-perusahaan IDN Best memberikan karyawan mereka peralatan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik; mereka juga memastikan bahwa ruang kerja dan fasilitas tempat kerja memungkinkan karyawan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka dalam lingkungan yang aman dan kondusif. Tempat kerja ini mengadopsi visi jangka panjang, terhadap pertumbuhan karir karyawan mereka, dan secara proaktif menawarkan pembelajaran dan kesempatan pengembangan untuk mendukung kemajuan profesional mereka.

Our facilities contribute to a good working environment

Fasilitas kami berkontribusi untuk lingkungan kerja yang baik

I am offered training and/or development to further myself professionally

Saya ditawarkan pelatihan dan/atau pengembangan untuk meningkatkan profesionalitas diri saya

  • Di DHL Express, karyawan memiliki akses ke my Talent World, sebuah sistem online global yang mendukung proses Pembelajaran, Kinerja & Talenta dalam skala kelompok, dan menawarkan lebih dari 5.000 sesi pelatihan dan penawaran pembelajaran yang berbeda yang tersedia untuk setiap tingkat kemampuan. Manager mengadakan dialog karir secara rutin untuk membahas aspirasi karir karyawan, kekuatan mereka, bidang pengembangan dan tujuan pembelajaran, untuk mengembangkan rencana pengembangan individu mereka yang bertujuan untuk membantu kemajuan karyawan ke tahap karir mereka yang selanjutnya, meningkatkan peran mereka saat ini atau mengembangkan kompetensi mereka lebih lanjut lagi.
  • Sejalan dengan Proposisi Nilai Karyawan, Telkom Indonesia memastikan bahwa setiap karyawannya menerima kesempatan yang sama untuk mengembangkan karir mereka melalui program pembelajaran dan pengembangan. Sistem manajemen talenta mereka memungkinkan karyawan untuk merancang perjalanan karir mereka sendiri untuk meraih aspirasi karir mereka. Lini manager membahas pengembangan karir/profesional masing-masing individu sesuai dengan kinerja, aspirasi, dan keterampilan mereka, dan karyawan ditawarkan kursus pelatihan yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan karir/profesional mereka.
2. Manajemen secara rutin terhubung dengan karyawan

Pertama, manajemen di perusahaan IDN Best mengakui bahwa karyawan mereka adalah individu dengan kebutuhan, aspirasi, dan kepentingan pribadi – mereka benar-benar tertarik untuk mengenal karyawan mereka dan membangun hubungan di luar kebutuhan dan interaksi operasional. Mereka juga secara intensional menciptakan budaya pengakuan dengan mengakui usaha karyawan dan menunjukkan apresiasi atas pekerjaan yang diselesaikan dengan baik.

Manajemen menunjukkan yang tulus dengan saya secara pribadi, bukan sebagai kuryawan

Manajemen menunjukkan apresiasi atas pekerjaan yang baik dan usaha tambahan

  • Pengakuan dan penunjukan apresiasi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari bagaimana SC Johnson beroperasi, dan perusahaan tersebut secara proaktif mempromosikan budaya apresiasi, pengakuan dan persahabatan. Perusahaan tersebut juga mendorong pengakuan melalui beragam program formal dan informal untuk memastikan kontribusi dan prestasi karyawan dirayakan. Hal ini mencakup penghargaan formal seperti Now Thanks Awards dan People & Team of The Year, hingga perayaan Profit Sharing Day tahunan, pengakuan saat rapat townhalls dan rapat tim, hingga plaform informal seperti obrolan grup di WhatsApp.
  • DHL Global Forwarding (DGF) menyelenggarakan Appreciation Week tahunan untuk merayakan nilai-nilai DGF dan menunjukkan seberapa besar kontribusi setiap karyawan dihargai. Contohnya, manager menyajikan makan siang prasmanan – atau mengirimkan makanan secara online jika mayoritas tim mereka bekerja secara jarak jauh, dan menulis pesan terima kasih secara pribadi. DGF Indonesia menyelenggarakan acara yang dapat mengumpulkan kayawan bersama-sama, seperti hari menonton film, karaoke kantor, dan membawa makanan masing-masing. Manajemen juga mengambil kesempatan ini untuk mengenal karyawan lebih dalam lagi secara pribadi.

Kedua, manajemen menggunakan pendekatan terbuka, komunikasi dua arah yang lebih dari sekadar menyajikan informasi yang diperlukan – mereka membagikan informasi mengenai masalah dan perubahan yang penting yang memengaruhi bisnis dan karyawan mereka, dengan pandangan untuk membantu mereka untuk memahami alasan rasional atas keputusan yang diambil, dan mengatasi ‘topik hangat’ dan kekhawatiran. Yang paling penting, perusahaan-perusahaan ini secara proaktif mendorong karyawan untuk memberikan saran, gagasan dan ide; mereka mengutamakan mendengar, penindaklanjutan dan menjawab saran yang diberikan, sehingga karyawan mengetahui bahwa suara mereka didengar dan bahwa pendapat mereka dipertimbangkan.

Management keeps me informed about important issues and changes

Manajemen terus memberi saya informasi mengenai masalah dan perubahan penting

Management genuinely seeks and responds to suggestions and ideas

Manajemen benar-benar mencari dan menanggapi saran dan gagasan

  • Ericssonmengutamakan komunikasi terbuka dan tepat waktu. Para karyawannya mengapresiasi keterbukaan dan personalisasi konten yang memperkuat budaya kepercayaan. Sebagai bagian dari komitmen mereka dalam mengembangkan budaya keterbukaan berpendapat, Head of Market Area untuk Oseania, Asia Tenggara dan India (MOAI) menyelenggarakan sesi selama satu jam setiap bulan dengan karyawan MOAI, di mana mereka dapat membagikan pikiran mereka dan bertanya kepadanya dan para pemimpin.
  • Di Medtronic, setiap karyawan memiliki hak untuk berbicara dan setiap karyawan didorong untuk menggunakannya hak tersebut. Karyawan memiliki kesempatan untuk membentuk budaya keterbukaan dan transparan melalui sesi Coffee Connection untuk karyawan berbicara mengenai Keberagaman dan Inklusi, mengatasi konflik kepentingan, mengatasi tinjauan kinerja akhir tahun, dan topik lain. Sesi ini dipimpin oleh anggota Leadership Team Indonesia, yang membagikan sudut pandang pribadi mereka dan mendengarkan secara langsung dari karyawan yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka setiap hari.
  • Capellabertujuan untuk membangun dan mempertahankan budaya kerja yang terbuka dan inklusif dengan melibatkan kolega secara proaktif dalam mengambil keputusan yang memengaruhi pekerjaan atau lingkungan kerja mereka. Contohnya, ketika dialog General Manager dan Senior Leadership umumnya diselenggarakan saat siang hari, pihaknya memastikan bahwa sesi dialog tiga bulanan diselenggarakan untuk kolega shift malam (misalnya, kolega dengan shift tengah malam permanen), untuk memastikan bahwa mereka menerima informasi secara langsung dari manajemen mengenai masalah atau perubahan penting terkait hotel, bertanya dan membagikan pandangan mereka.
3. Manajemen membangun kepercayaan melalui tindakan mereka – mereka bersungguh-sungguh dengan ucapan mereka dan menepati janji mereka

Manajemen di perusahaan IDN Best menunjukkan integritas melalui tindakan dan perilaku mereka sehari-hari. Pendekatan yang mereka gunakan dalam mengambil keputusan dan berkomunikasi dengan karyawan, menghidupi nilai-nilai inti yang dianut. Melalui interaksi dari hari-ke-hari dengan pemimpin di setiap tingkat, budaya kepercayaan yang tinggi di tempat kerja dibangun dan diperkuat, menghasilkan dampak positif pada moral karyawan, keterlibatan dan yang paling utama, hasil bisnis.

Tindakan Manajemen sesual dengan perkataannya

Manajemen terus memberi saya informasi mengenai masalah dan perubahan penting

Manajemen menepati janjinya

Manajemen benar-benar mencari dan menanggapi saran dan gagasan

  • Diageo Indonesia mengakui bahwa pemimpin mereka memiliki peran penting dalam menginspirasi dan memengaruhi pengalaman, budaya dan kinerja karyawan. Perusahaan tersebut melengkapi people manager-nya dengan Impact People Manager Program yang dirancang untuk mendukung people manager baru dan yang ada untuk membangun kemampuan manajemen orang inti sebagaimana mereka mendukung dan menumbuhkan kinerja di luar Diageo, dan menjalani tujuannya untuk merayakan kehidupan, setiap hari, di mana pun!
  • Cisco percaya bahwa empati adalah kekuatan super karena hal tersebut dapat mengubah cara individu terlibat dengan satu sama lain. Untuk menumbuhkan empati, pihaknya merancang Conscious Leadership Experience untuk para pemimpin agar lebih memahami perspektif karyawan dalam spektrum keberagaman penuh, dan Proximity Initiative untuk memungkinkan pemimpin senior untuk memiliki percakapan 1:1 dengan seseorang yang berbeda dari diri mereka untuk memahami pengalaman dan tantangan mereka. Insight yang dikumpulkan telah membawa perubahan besar dalam praktik SDM, dan mendorong perilaku kepemimpinan untuk menciptakan tenaga kerja yang inklusif.
  • Dalam waktu satu minggu pandemi Covid-19, Livit International harus menutup ruang kerja bersama mereka, membatalkan beberapa acara dan mengembalikan dana kepada kliennya. Terlepas dari hal tersebut, mitra pengelolanya berkomitmen bahwa tidak ada di dalam tim mereka yang akan kehilangan pekerjaan karena pandemi. Livit memulai proyek baru, menemukan cara inovatif baru untuk menghasilkan pendapatan dan telah menjaga komitmen mereka dengan karyawan sampai hari ini. Pihaknya juga menyediakan lapangan pekerjaan untuk karyawan dari ruang kerja bersama lain (pesaing) yang harus tutup karena pandemi, dan terlibat dalam penggalangan dana untuk ruang lain yang kesulitan untuk bertahan.

 

Secara tidak terduga, data kami menunjukkan bahwa dibandingkan dengan karyawan yang bekerja di perusahaan IDN Rest, karyawan yang bekerja di perusahaan IDN Best:

Insight dari Indonesia Best Workplaces™ 2022

Kami tertarik untuk mencari tahu hal istimewa dan hal unik apa yang terdapat dalam praktik dan program suatu organisasi, dan bagaimana hal ini berdampak positif pada hidup karyawan.

Kami menemukan bahwa Best Workplaces…

… menunjukkan Semangat – energi, antusiasme, dan tekad yang kuat untuk mengatasi tantangan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pemimpin, manager, dan karyawan dalam perusahaan ini menunjukkan ketangguhan pribadi dan bersama dengan tetap terhubung, saling mendukung satu sama lain, dan bekerja sama sebagai tim.

… sengaja membangun kemampuan karyawan melalui strategi dan program pengembangan talenta yang terstruktur dan komprehensif dengan cara inklusif untuk memastikan kesempatan yang setara untuk kelompok karyawan yang beragam di semua tingkat karir mereka.

… hidup berdasarkan nilai-nilai inti mereka dan benar-benar peduli terhadap karyawan mereka dan masyarakat di sekeliling tempat mereka beroperasi. Perusahaan ini bekerja keras untuk menyediakan keamanan kerja dan mendukung kondisi keuangan karyawan mereka dengan cara yang beragam, dan sebagai gantinya, memungkinkan karyawan mereka untuk mendukung masyarakat melalui program sukarelawan dan inisiatif yang kolaboratif.

Indonesia Best Workplaces perdana kami di tahun 2022 telah menunjukkan bahwa tempat kerja dengan budaya kepercayaan yang tinggi menggerakkan keterlibatan karyawan dan menghasilkan hasil bisnis yang lebih baik. Dalam perusahaan ini, manajemen berhasil membangun kepercayaan dengan menunjukkan konsistensi antara perkataan dan tindakan mereka, menunjukkan filosofi orang kuat yang pertama melalui kebijakan, praktik dan interaksi sehari-hari di setiap tingkat. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan moral yang tinggi daripada ketakutan mereka, membangun persahabatan yang kuat meskipun mereka bekerja secara jarak jauh, dan bersatu sebagai tim. Dan hal ini membuat mereka muncul lebih kuat bersama di era new normal.

Selamat untuk semua perusahaan yang berada dalam Daftar Indonesia Best Workplaces perdana! Kami bangga atas semua yang telah Anda lakukan untuk orang-orang Anda, membangun hubungan yang berkualitas dan memastikan bahwa karyawan Anda memiliki pengalaman di tempat kerja yang positif secara konsisten.

Ingin melihat bagaimana karyawan Anda mengalami budaya tempat kerja Anda dan bagaimana perusahaan Anda dibandingkan dengan Indonesia Best Workplaces 2022Hubungi kami untuk demonstrasi di platform survei EmprisingTM milik kami untuk mengetahuinya.

 

 

 

 

1 “IDN Best” refers to companies on the 2022 Indonesia Best Workplaces list.
2 “IDN Rest” refers to other companies, including Great Place To Work-Certified™ companies, that participated in this year’s survey. Not all Certified companies appear on the 2022 Best Workplaces list.

 

OLEH EVELYN KWEK, PAMELA SNG & RAYMOND TEO

Author

Categories

CTA GOES HERE

Great Place To Work identifies Best Workplaces in Asia™ by surveying 2.1 million employees in Asia and the Middle East about the key factors that create great workplaces for all and analyzing company workplace programs impacting 5.9 million employees in the region.

To be considered, companies must first be identified as outstanding in their local region by appearing on one or more of our Best Workplaces lists in Bahrain, Greater China (including China, Hong Kong and Taiwan), India, Indonesia, Japan, Kuwait, Oman, Philippines, Qatar, Saudi Arabia, Singapore, South Korea, Sri Lanka, UAE, Vietnam during 2022 or early 2023.

Companies rank in three size categories: Small and Medium (10-499 employees); Large (500+); and Multinational. Multinational organizations are also assessed on their efforts to create great workplaces across multiple countries in the region. They must appear on at least two national lists in Asia and the Middle East and have at least 1,000 employees worldwide with at least 40% (or 5,000+) of those employees located outside the headquarters country.

To determine the 2023 Indonesia Best Workplaces™, Great Place To Work®️ analyzed confidential survey feedback representing nearly 20,000 employees across different industries in Indonesia.

Employees responded to over 60 survey questions describing the extent to which their organization creates a Great Place To Work For All™️. 85% of the evaluation is based on what employees say about their experiences of trust and reaching their full human potential as part of their organization, no matter who they are or what they do.

Great Place To Work analyzes these experiences relative to each organization’s size, workforce make up, and what’s typical in their industry. The remaining 15% of the rank is based on an assessment of all employees’ daily experiences of innovation, the company’s values, and the effectiveness of their leaders, to ensure they’re consistently experienced.

To be considered, companies had to meet the Great Place To Work-Certified™ standard. To ensure survey results truly represent all employees, Great Place To Work requires that Trust Index©️ survey results are accurate to a 95% confidence level with a 5% margin of error or better.

We review any anomalies in survey responses, news and financial performance to ensure there aren’t any extraordinary reasons to believe we couldn’t trust a company’s survey results.